Seni Santri dan Khotmil Qur'an Pondok Pesantren Umul Qurok Klego

Pengajian Akbar dalam rangka Khotmil Quran Pondok Pesantren Ummul Qurok, Klego

Banser Boyolali melaksanakan giat pasukan pengamanan (PAM) pada "Pengajian Akbar dan Seni Santri" dalam rangka Khotmil Qur'an di Pondok Pesantren (Ponpes) Ummul Qurok, Dusun Jlegong, Desa Banyuurip, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Ahad malam, 30 Juni 2019.
Pengajian yang dihadiri ribuan jamaah, baik wali santri maupun warga seputaran Klego, ini sebagai rasa syukur atas khotmil Quran bilgoib sekaligus kelulusan santri Madrasah Diniyah (Madin), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Ummul Qurok.
Sebelumnya, Sabtu, 29 Juni 2019, digelar pentas seni yang menampilan kreasi seni-budaya santri, baik dari Madin, MI, MTs, maupun SMA. Pentas seni tersebut sebagai salah satu bentuk pencarian bakat-minat dan ruang berekspresi santri.
Pengasuh Ummul Qurok, Romo KH Mukri Effendi, dalam sambutannya, meminta doa pangestu kepada jamaah yang hadir agar santri Ummul Qurok tambah berilmu dan berakhlak yang sesuai slogan Ponpes Ummul Qurok: menjadi santri yang jujur, sopan, dan berperasaan.
Romo KH Mukri menambahkan, bahwa pembelajaran Ummul Qurok menekankan pada akhlaqul karimah, hafalan Alquran, dan penguatan bahasa. Selain itu, juga memberi keterampilan tentang administrasi, birokrasi, dan organisasi.
Sementara mauidhoh hasanah dalam kesempatan ini disampaikan Ustadz KH Abdul Rosyid Bintoro, dari Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukorejo.
Ustadz Rosyid, yang juga dikenal sebagai dalang, menegaskan, bahwa wali santri sudah tepat menempatkan putra-putrinya di ponpes. Karena, pendidikan di pesantren menjadikan akhlak sebagai hal utama.
Hadir pula dalam pengajian ini, Pangeran Daryo Nagoro dari Keraton Surakarta, Ulama, Habaib, Muspika, dan perangkat desa.
Pengajian sukses. Dan Banser yang bertugas tak kurang 300 anggota dari 7 Satkoryon (Karanggede, Klego, Andong, Kemusu, Juwangi, Simo, dan Wonosegoro) ini, turut bersyukur, senang, dan lega. (Heri, Sis, miftah)

Posting Komentar

0 Komentar